animasi bergerak

Senin, 28 November 2016

PENGANTAR MANAJEMEN

PENGANTAR MANAJEMEN
Oleh bapak Nurbini
PENGERTIAN MANAJEMEN
  1. Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno legaraluto, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
  2. Kata manajemen juga berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutama “mengendalikan kuda”
  3. Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. (Mary Parker Follet)
  4. Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. (Ricky W. Griffin
  5. Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
  6. Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
  7. Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
  8. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Stoner).
  9. Manajemen merupakan ilmu dan seni.
  10. Ada 4 fungsi utama dalam manajemen: Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), dan Pengawasan (Controlling)
Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
  Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
  Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
  Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Efektif dan Efisien
  Efektif  : bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.
  Efisien  : bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal; dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya.
  Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses mencapai tujuan tersebut.
Filsafat Ilmu Manajemen
  Landasan Ilmu
  Ontologis
  Epistimologis
  Axiologis
Manajemen : Pengetahuan atau Seni?
  Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yang dapat digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam manajemen.
  Beberapa ahli seperti Follet menganggap manajemen adalah  sebuah seni. Hal ini disebabkan oleh karena kepemimpinan memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan antaramanusia yang semuanya itu banyak ditentukan oleh bakat seseorang dan sulit dipelajari.
Manejemen sebagai suatu seni mempunyai ciri-ciri :
  Kesuksesan dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan bakat para manajer
  Dalam proses pencapaian tujuan seringkali melibatkan unsur naluri (instinct), perasaan dan intelektual
  Dalam pelaksanaan kegiatan faktor yang cukup yang menentukan keberhasilannya adalah kekuatan pribadi (character) kreatif yang dimiliki.

Kedudukan Manajemen Dalam Ilmu
  1. Administrasi 
  2. Manajemen
  3. Organisasi
  4. Kepemimpinan/Leadership
  5. Komunikasi
  6. Human Relation
Cara baca: manajemen inti dari administrasi, organisasi inti dari manajemen, pemimpin/kepemimpinan inti dari organisasi, komunikasi inti dari pemimpin/kepemimpinan , dan human relation inti dari komunikasi. (Prof. Dr. Sondang P. Siagian, dan Dr. Kartini Kartono).
  1. Administrasi: keseluruhan proses kerjasama dua orang manusia atau lebih atas dasar rasionalitas untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.
Administrasi:  suatu proses kerjasama dg memanfaatkan semua sumber daya, baik personal maupun material yg tersedia scr rasional utk mencapai tujuan yg tlh ditetapkan lbh dahulu scr efektif + efisien dalam suasana yg menyenangkan
  1. Manajemen: ilmu dan seni untuk memperoleh sesuatu hasil melalui kerja orang
Manajemen: kemampuan dan ketrampilan utk memperoleh sesuatu hasil dlm rangka mencapai tujuan melalui kegiatan org lain
  1. Organisasi: Setiap bntk kerjasama antara 2 org atau lbh yg bekerjasama secara formal dalm rangka mecapai tujuan yg telah ditetapkan
Organisasi: sistem kegiatan kerjasama, bentuk dalam arti wadah adalah perahu, dalam arti  proses interaksi yang serasi antara peran pemukul beduk dan peran pendayung  
  1. Leadership: Kemampuan utk mempengaruhi org lain spy dpt dan suka berkerja Pemimpin yang disebut Kepemimpinan (kontribusi 20%) dengan pendayung=SDM/pegawai/masyarakat (kontribusi 80%); Pemimpin (di depan sebagai pemukul beduk memberi motivasi, semangat/contoh/ keteladanan melalui bunyi indah yang dihasilkan pemukul beduk.
             
  1. Komunikasi (verbal dan non verbal); dibelakang sebagai pendayung/pengemudi/pelurus jalan menuju tujuan.
  1.  Human Relation ( hubungan kemanusian)
Manajemen sebagai Profesi
  Manajemen sebagai Profesi merupakan suatu bidang pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dan ketrampilan sebagai kader, pemimpin atau ‘manajer’ pada suatu organisasi / perusahaan tertentu.
  Profesi ‘manajer’ merupakan sebuah profesi atau jabatan spesifik dan ‘prestigious’ sebagai ‘decision maker’ yang dapat menentukan berkembangnya suatu organisasi / perusahaan dimasa mendatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar