UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Oleh : Nilnan Ni’mah
Pengertian Komunikasi
¡ Harold Laswell : Who says what in which channel to whom with what effect
¡ Everett M Rogers : komunikasi adalah proses dimana sebuah ide dialihkan
dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah
tingkah laku mereka
¡ Lawrence Kincaid : komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau
lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya,
yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam
¡ Shannon and Weaver : komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling
pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak disengaja. Tidak
hanya komunikasi verbal tetapi juga komunikasi non verbal.
Lingkup Ilmu Komunikasi :
¡ Unsur atau komponen komunikasi : Komunikator, Pesan, Media, Komunikan dan
Efek.
¡ Proses Komunikasi : Primer dan Sekunder
¡ Sifat Komunikasi : Tatap muka (face to face), bermedia (mediated), verbal
(lisan dan tulisan) dan non verbal (gestural dan pictorial)
¡ Bentuk Komunikasi :
- Komunikasi Persona : intrapersonal dan interpersonal communication
- Komunikasi Kelompok : kelompok kecil dan kelompok besar
- Komunikasi Massa (pers, radio, televisi, film,dll)
- Komunikasi Medio (surat, telepon, poster, spanduk, dll)
¡ Metode komunikasi :
- Jurnalistik
- Public Relations
- Advertising
- Exhibition
- Publicity
- Propaganda
¡ Teknik komunikasi :
- Komunikasi informatif
- Komunikasi persuasif
- Komunikasi instruktif/koersif
- Komunikasi manusiawi
¡ Tujuan komunikasi :
- Perubahan sikap (attitude change)
- Perubahan pendapat (opinion change)
- Perubahan perilaku (behavior change)
- Perubahan sosial (social change)
¡ Fungsi komunikasi :
- To inform
- To educate
- To entertain
- To influence
¡ Model komunikasi :
- Komunikasi satu tahap (one step flow comm)
- Komunikasi dua tahap (two step flow comm)
- Komunikasi multitahap (multistep flow comm)
¡ Bidang komunikasi :
- Komunikasi sosial
- Komunikasi manajemen
- Komunikasi politik
- Komunikasi bisnis
- Komunikasi antarbudaya
- Komunikasi lingkungan
- Komunikasi pembangunan, dsb
Unsur-unsur Komunikasi
Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri, M.Si :
¡ 1. Pengirim/Sumber
¡ 2. Penerima
¡ 3. Encoding dan Decoding
¡ 4. Pesan
¡ 5. Saluran / Media
¡ 6. Noise/gangguan
¡ 7. Feedback/Umpan balik
¡ 8. Kerangka pengalaman
¡ 9. Konteks
¡ 10. Perubahan
¡ Menurut Hafied Cangara :
¡ 1. Sumber
¡ 2. Pesan
¡ 3. Media
¡ 4. Penerima
¡ 5. Pengaruh atau Efek
¡ 6. Tanggapan balik
¡ 7. Lingkungan
¡ Formula Lasswell :
¡ 1. Komunikator
¡ 2. Pesan
¡ 3. Komunikan
¡ 4. Media
¡ 5. Efek
Unsur-unsur Komunikasi
- Komunikator ( Source, sender, encoder) : pihak yang menyampaikan atau mengirim pesan khalayak.
Untuk
menjadi seorang komunikator yang baik, terdapat beberapa hal yang perlu
dipahami yakni :
¡ Seorang komunikator yang baik perlu menyusun dengan baik isi pesan yang akan disampaikan, sehingga pesan tersebut
mudah dimengerti oleh pihak penerima.
¡ Komunikator yang baik juga harus mengetahui mana media yang paling tepat untuk mengirimkan pesan kepada
penerima dan harus tahu bagaimana cara mengantisipasi gangguan yang akan muncul pada proses pengiriman pesan.
¡ Komunikator yang baik akan bertanggung jawab memberikan tanggapan terhadap umpan balik (feedback) yang disampaikan oleh pihak penerima (receiver).
Syarat-syarat komunikator yang handal :
¡ Mengenal diri sendiri
¡ Memiliki kepercayaan (credibility)
¡ Memiliki daya tarik (attractive)
¡ Memiliki kekuatan (power)
PESAN (MESSAGE)
¡ pesan itu menurut Onong Effendy, menyatakan bahwa pesan adalah: “suatu
komponen dalam proses komunikasi berupa paduan dari pikiran dan perasaan
seseorang dengan menggunakan lambang, bahasa/lambang-lambang lainnya
disampaikan kepada orang lain”.(Effendy, 1989:224)
¡ Sedangkan Abdul Hanafi menjelaskan bahwa pesan itu adalah“produkfiktif
yang nyata yang di hasilkan oleh sumber–encoder”. (Siahaan, 1991:62). Kalau berbicara maka “pembicara” itulah
pesan, ketika menulis surat maka “tulisan surat” itulah yang dinamakan
pesan.
¡ Selain itu, Sastropoetro (1982:13) memberikan pengertian bahwa pesan (encoding) merupakan suatu kegiatan
penting, sulit dan menentukan apakah gagasan yang ada dapat dituangkan secara
pasti kedalam lembaga yang berarti dan telah disusun sedemikian rupa, sehingga
menghindari timbulnya salah paham.
¡ Pratikno (1987 : 42) mendefinisikan pesan dengan melihat dari bentuknya, yaitu :“Pesan adalah semua bentuk komunikasi baik verbal maupun nonverbal. Yang dimaksud
dengan komunikasi verbal adalah komunikasi lisan, sedangkan nonverbal adalah komunikasi dengan simbol, isyarat, sentuhan perasaan dan
penciuman”.
¡ Sedangkan Menurut De Vito, pesan adalah pernyataan tentang pikiran dan
perasaan kita yang dikirim kepada orang lain agar orang tersebut diharapkan
bisa mengerti dan memahami apa yang diinginkan oleh sipengirim pesan.
¡ Jadi pesan adalah seluruh pernyataan yang disampaikan sumber kepada
khalayak, terdiri dari kode verbal dan non verbal.
¡ kode adalah seperangkat simbol yang telah disusun secara sistematis dan
teratur sehingga memiliki arti.
¡ kode verbal dalam pemakaiannya berbentuk bahasa, yaitu seperangkat kata
yang telah disusun secara terstruktur shg mjd himpunan kalimat yang mengandung
arti
Komponen kom :
3. Media adalah alat atau sarana yang
digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.
Misalnya
media antarpribadi (surat,telepon,kurir), media kelompok (seminar,konferensi),
media publik (rapat akbar), media massa (surat kabar, film, televisi,radio,internet).
4. Komunikan (khalayak, audience, decoder)
adalah pihak penerima pesan.
Khalayak
dalam studi kom bisa berupa individu, kelompok dan masyarakat.
5.Efek adalah dampak sebagai pengaruh dari
pesan, perbedaan antara apa yang dipikirkan,dirasakan, dan dilakukan oleh
penerima sebelum dan sesudah menerima pesan.
Pengaruh
bisa terjadi dalam bentuk perubahan pengetahuan (knowledge), sikap (attitude)
dan perilaku (behavior).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar